Phone: +6282110605700

email: titiporderimpor@gmail.com

Blog

5 Cara Memulai Bisnis Barang Impor Dari China

5 Cara Memulai Bisnis Barang Impor Dari China

Sudah bukan hal yang aneh lagi jika setiap bisnis punya resikonya tersendiri. Namun, anda juga harus tahu bagaimana trik agar bisnis anda tetap jalan dan berkembang. Misalnya, dengan mempelajari trik agar bisnis barang impor China anda selalu laris.

Postingan kali ini akan membantu anda agar para pemula bisa mulai menjalankan bisnis barang impor tersebut. Sebenarnya, caranya tidak terlalu sulit. Hanya saja sebagai pemula pasti punya ketakutan sendiri akibat minimnya pengalaman dan pengetahuan, bukan? Jadi, mari simak langkah apa saja yang perlu anda ketahui.

1. Riset Pasar

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah riset pasar. Apa tujuannya? Ada banyak sebenarnya tujuan dari riset pasar ini. Dimana nantinya anda bisa mengetahui barang apa yang banyak dibutuhkan.

Anda juga akan tahu mana barang yang potensial namun, persaingannya.masih rendah. Dan, jika anda memilih produk atau barang dengan tepat, maka sudah dipastikan anda bisa sukses dalam bisnis impor barang ini.

2. Temukan Distributor Terbaik

Karena nantinya anda akan bekerja dengan ratusan bahkan jutaan barang sekali angkut. Maka, anda harus menentukan mana distributor atau seller terbaik. 

Terbaik di sini tidak hanya dilihat dari satu sisi saja. Anda harus menentukan faktor tersebut dari berbagai sisi. Misalnya dari segi pelayanan, harga hingga kualitas produk. Kita harus tahu jika ada banyak distributor untuk satu jenis produk yang sama.

Nah, tugas anda hanya mencari mana kira-kira yang lebih baik untuk digunakan jasanya? Pertimbangkan untuk kerjasama jangka panjang. Coba cari tahu juga apakah mereka pernah bermasalah dengan mitra sebelumnya atau tidak?

Sebab, catatan buruk mitra kerjasama bisa mempengaruhi bagaimana perkembangan bisnis impor barang anda ini nantinya. Jadi, cobalah pilih distributor terbaik dengan pertimbangan yang matang.

3. Siapkan Modal

Tidak sedikit juga pengusaha yang baru atau bahkan yang sudah lama bergelut di dunia impor barang gulung tikar. Hal ini terkadang hanya disebabkan oleh masalah sepele seperti gagal mengelola keuangan mereka.

Seorang pengusaha atau pebisnis yang baik pasti tahu bagaimana teknik mengelola keuangan bisnis mereka. Setidaknya, jika anda mulai menerima keuntungan, maka jangan langsung dihabiskan semuanya, ya!

Ingat, setiap bisnis butuh modal. Dan tentu saja, awal-awal anda berusaha tidak akan selalu mulus. Untuk itu, siapkan modal yang cukup agar usaha tersebut nantinya berjalan sesuai dengan keinginan anda.

Jangan sampai di tengah jalan berhenti hanya karena kehabisan modal. Atau, malah tidak bisa mengembangkab bisnis ini hanya karena salah perhitungan keuangan.

4. Memilih Media Penjualan Barang 

Prinsip bisnis produk impor ini adalah anda mendatangkan produk dari luar dan menjualnya ulang di negara kita. Dan tentu saja selain menentukan distributor dan persiapan modal. Anda harus tahu media pemasaran barang atau produk tersebut nantinya.

Percuma saja jika anda sudah memiliki modal, sudah mendapatkan distributor di China. Namun, anda belum menemukan atau menentukan lewat apa nantinya produk tersebut anda pasarkan ulang.

Anda bisa memilih cara online atau dengan cara konvensional (offline). Kedua cara pemasaran tersebut memiliki plus dan minus nya. Tapi, lebih baik anda memilih mana media pemasaran yang terbaik untuk anda jalankan. 

5. Pengurusan Tanda Pengenal Importir

Karena anda akan memasukkan barang dari luar ke dalam negeri. Maka, anda tidak bisa sembarangan memulai bisnis ini begitu saja. Ada banyak syarat dan ketentuan yang harus anda lengkapi. 

Anda harus mengurus API alias Angka Pengenal Importir. Agar, nantinya bisnis anda ini tidak dicap sebagai bisnis ilegal dan melanggar ketentuan negara kita. Bagiamana? Tidak terlalu sulit jika anda ingin memulai bisnis barang impor dari China ini, kan? Selamat mencoba.

 

 


Leave a Reply

favicon

Achmad Bisri Bisri menyelesaikan transaksi! pada 22-02-2022

Johan Wibowo menyelesaikan transaksi! pada 22-02-2022

Farid fatih menyelesaikan transaksi! pada 07-02-2022

Achmad Bisri Bisri menyelesaikan transaksi! pada 14-01-2022

Farid fatih menyelesaikan transaksi! pada 14-01-2022

Gan taslim menyelesaikan transaksi! pada 14-01-2022

Danu menyelesaikan transaksi! pada 14-01-2022

Suhari Suhari menyelesaikan transaksi! pada 14-01-2022

Jordy menyelesaikan transaksi! pada 14-01-2022

Gan taslim menyelesaikan transaksi! pada 10-01-2022